Kandungan Dan Manfaat Daun Ciplukan Untuk Diabetes

Ciplukan adalah tanaman yang memiliki buah kecil, kebanyakan tanaman ini tumbuh liar perkebunan, sawah yang kering dan di pinggir jalan dekat pepohonan. Anak-anak di daerah pedesaan gemar memakan buah ciplukan ini, karena jika sudah matang mempunyai rasa yang manis.

Seluruh bagian tanaman ciplukan ini memiliki kegunaan sebagai obat-obatan tradisional yang biasanya dikeringkan terlebih dahulu.

Jika anda mempunyai penyakit diabetes, bisa menggunakan daun ciplukan yang memiliki khasiat untuk diabetes. Karena didalamnya mengandung beberapa zat yang sangat penting untuk tubuh, sedikit orang yang mengetahui mengenai khasiat daun ciplukan.

Jika penderita diabetes secara rutin mengkonsumsi daun ciplukan dapat membantu mengontrol tingkat kadar gula dalam darah. Sehingga dapat memperkecil resiko komplikasi diabetes.

Cara Mudah Meracik Daun Ciplukan :

1.Ambil daun ciplukan secukupnya.
2.Cuci sampai bersih.
3.Rebus dengan air sebanyak 3 gelas.
4.Tunggu hingga mendidih, sampai menyisakan 1 gelas.
5.Pisahkan antara daun ciplukan dengan airnya menggunakan saringan.
6.Dinginkan.
7.Minum secara rutin 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Sebagai penyakit yang tergolong serius, maka dari itu anda perlu lebih memperhatikan penyakit diabetes agar tidak bertambah buruk. Untuk penanganan secara alternatif anda bisa mencoba dengan memanfaatkan daun ciplukan tersebut.

Artikel terkait lainnya: