Awas Diabetes! Kenali Tanda Gula Dalam Darah Berlebihan

Jika anda menyukai makanan dan minuman yang manis sebaiknya waspada, lalu apa dampak buruk pada tubuh jika anda terlalu banyak mengkonsumsi gula ? 

Penyakit diabetes sangat erat kaitannya dengan gula, mengkonsumsi makanan yang mengandung gula sebetulnya tidak masalah asalkan tidak melebihi batas yang dianjurkan.  Seperti yang telah di umumkan oleh Kementerian Kesehatan RI berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 (Riskesdas), menganjurkan batas konsumsi gula setiap orang per hari tidak lebih dari 50 gram atau 4 sendok makan gula.

Untuk dapat terus mengontrol kadar gula dalam darah sebaiknya anda kenali tanda-tanda jika anda sudah terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Tanda-tanda orang yang terlalu banyak konsumsi gula, diantaranya :

Jerawatan
Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan, asupan gula yang tinggi dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Mudah lapar
Gula darah yang berlebihan dalam tubuh mencegah glukosa memasuki sel-sel. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan cukup energi dan rasa lapar terhadap makanan akan terus dirasakan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite.

Sering merasa lelah
Untuk anda yang merasa sering mengkonsumsi yang manis, lalu anda mudah merasa lelah sepanjang waktu, sebaiknya segera kurangi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Gigi berlubang 
Bila bakteri di mulut Anda mencerna gula, mereka menghasilkan asam yang dikombinasikan dengan air liur membentuk plak, di mana akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Tumpukan lemak di pinggang 
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, minuman yang mengandung gula membuat Anda akan memiliki tumpukan lemak di sekitar lingkar pinggang. 

Itulah beberapa penjelasan untuk mengetahui jika tubuh anda terlalu banyak memiliki kadar gula, agar terhindar dari beragam penyakit akibat gula berlebihan maka segera kontrol konsumsi makanan dan minuman yang manis dengan di imbangi pola makan yang sehat.

Artikel bermanfaat lainnya :